1 Agustus 2016, Toyota Resmi Beli Saham Daihatsu

Sebagaimana yang dilansir Carscoops 29 Januari 2016 menyatakn bahwa seluruh kepemilikan saham Daihatsu akan dibeli secara resmi oleh Toyota 1 Agustus 2016 mendatang.

Ini yang menciptakan Daihatsu menjadi anak perusahaan milik Toyota. Padahl sebelumnya, Toyota hanya mempunyai 51,2 persen saham dari keseluruhan saham Daihatsu.

Sebagai salah satu dari janji yang nilainya USD 3 miliar itu, Toyota akan pribadi mensetop semua perdagangan saham Daihatsu pada tanggal 27 Juli 2016 dengan cita-cita bisa berbagi dar paduan kedua merek. Selain itu, pesan Toyota kepada Daihatsu semoga lebih fokus pada pembuatan kendaraan beroda empat kecil dan bisa menjadi leader segmen tersebut di masa depan.

Mereka berdua antara Daihatsu dan Toyota akan berkomparasi mengenai teknologi canggih untuk lebih menyeimbangkan pasar dunia, yang dikhususkan di negara berkembang.

“Ini ialah momentum untuk kami berdua untuk menghentikan perasaan bahwa kita harus mandiri. Kami akan saling percaya untuk lebih memaksimalkan keahlian kami serta bisa saling mengambil laba darinya satu sama lain. Dengan kata lain, kami akan mengkomparasikan keahlian masing-masing dari kami namun saling bekerja sama. Kami yakin bahwa hanya dengan cara itulah kami bisa bersaing dipasaran global kelak,” tutur Presiden Toyota Akio Toyoda.