Belanda Mulai Terapkan Teknologi Otonom Pada Kendaraan Transportasi

Sekarang tak hanya kendaraan beroda empat langsung saja yang menerapkan sistem otonom kendaraan beroda empat tanpa supir, yang masih gencar-gencarnya sekarang. Belanda ketika ini pun melaksanakan uji coba bus tanpa awak sopir.

Belanda membeikan nama bus bertenaga otonom terebut dengan sebutan WePod. Belanda melaukan uji coba bus berteknologi otonom pertama didunia ini yaitu dengan jarak tempuh 200 meter dan berkapasitas penumpang enam. Sedangkan kota yang dipilih sebagai lokasi uji coba bus otonom tersebut yaitu kota Wageningen.

Untuk membuatkan wePod ini Belanda membuuhkan dana sebesar Rp 45,5 miliar dan sebagai teknisinya ialah Delft Technical University di Belanda. Jika uji coba ini berhasil serta sudah eroprasi maka bus ini bisa menempuh 24 km per jam.

Seperti yang diberitakan The Guardian, Willem van der Wiel, Direktur Teknikal Proyek WePod, menyampaikan bahwa pengujian ini merupakan hal yang penting.

”Kendaraan berteknlogi otonom ini belum pernah dipake di jalan, oleh lantaran itu pengujian tersebut merupakan hal yang penting,” tutur willem.

Kami akan terus melaksanakan uji coba selama beberapa bulan kedepan untuk bus otonom. Karna bus otonom ini akan dimanfaatkan sebagai alat transportasi yang akan menempuh jarak sejauh 6,4 km di kota.