Gaikindo Usahakan Gairahkan Segmen Sedan Di Indonesia

Gaikindo atau Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, berusaha ingin meramaikan lagi segmen sedan di Idonesia. Carnya ialah dengan menego pemerntah untuk menurunkan PPnBM (Pajak Penjualan Atas Brang Mewah).

Sedan merupakan salah satu segme yang berpotensial di pasar domestik maupun di pasar global. Saleh Husin, Menteri Perindustrian, sebelumnya menyampaikan varian sedan bisa mengusai pasaran global dari total penjualan kendaraan penumpang seluruhnya sedan 90 persennya.

“Jika yang dibicarakan duduk kasus industri, kita harus lebih luas memandangnya. Jangan menilainya dari segi Indonesia saja, tapi juga global. Lalu potensi sedan di pasar global ibarat apa? Sangat besar,” tutur Saleh Husin.

Kondisi pun berbanding terbalik di Idonesia. Justru penjualan sedan di pasaran Indonesia mengalami penurunan dikarnakan tingginya PPnM yang diterapka pemerintah untuk segmen sedan, untuk sedan yang berkapasitas di bawah 1.500 cc 30 persen sedangkan 125 persen untuk sedan yang berkapasitas di atas 3.500 cc.

Penjualan sedan tahun 2015 mengalami penurunan bila dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2015 penjualan sedan tercatat 17.422 unit dengan 1,7 persen pagsa pasar. Sedangkan pada tahun 2014 mencapai angka 21.614 unit dengan pangsa pasar 1,8 persen.

Jongkie Sugiarto, Ketua I Gaikindo, melihat hal itu beliau sangat mengharap pemerintah untuk menurunkan pajak PPnBM untuk segmen sedan hingga 10 persen.

”Kita berdisusi dengan pemerintah untuk menurunkan PPnBM hingga 10 persen untuk segmen sedan. Kita juga akan melaksanakan produksi dalam negri bila memang permintaannya banyak,” tuturnya.